Posted by : Unknown Senin, 01 Juli 2013



    Idul Adha dan Peristiwa kurban yang setiap tahun dirayakan umat muslim di Dunia seharusnya tak laki dimaknai sebatas proses ritual , tetapi juga diletakkan dalam konteks peneguhan nilai-nilai kemanusiaan dan spirit keadilan ,sebagaimana pesan tekstual utama agama.

        Kurban dalam bahasa Arab sendiri disebut dengan qurbah yang berarti mendekatkan diri kepada Allah .Dalam peringatan Idul
Adha itu terdapat apa yang biasa disebut udulhiyah (Penyembelian Hewan Kurban). Pada Hari itu kita menyembelih hewan kurban ,antara lain Kambing ,sapi ,kerbau .

         Idul Adha Berawal dari sejarah Nabi Ibrahim a.s yang bermimpi di suruh Allah untuk menyembelih anaknya ,Ismail, pagi hari itu nabi Ibrahim tampak gelisah ,lalu dia memutuskan agar memberitahukan ini kepada Anaknya ,Ismail ,Kata Ismail "jika itu perintah allah maka lakukanlah perintahnya " ,setelah itu Nabi Ibrahim mengambil belatih ,dan belatih itu di asah sampai tajam ,
Lalu Nabi Ibrahim menyembelih anaknya tadi dengan menyebut asma allah ketika Ismail di sembelih Ayahnya , langsung pada saat itu Posisi Ismail yang akan di sembelih Ayahnya tadi ,di ganti dengan Kambing yang berasal dari Surga.

       Pada tahun 2012 lalu MTs. Nurul Huda menyembelih satu ekor Sapi dan 4 ekor kambing, Dengan membaca Takbir , Belatih/Berang siap meluncur ke leher kambing dan Sapi....Srek....srek....srek.... Darahpun meluncur seperti Sumber air yang keluar dari dalam bumi ,dan inilah penyembelian Hewan Kurban ,Lalu Pak Ulil Abshor serta para tukang ,Staf MTs ,dan para Osis membagikan daging hewan Qurban setiap Fakir miskin di beri 1/2 kilo secara merata.

      Itulah Sekilas info dari dari Saya ,untuk Peringatan Hari Raya Idul Adha kemarin..
dan Good Luck.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Visitor Counter

Flag Counter

Flag Counter

Free Blog Promotion

Cute Blue Pencil

- Copyright © Kreasi Simi -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -